"PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM BENTUK SENI "





PENTINGNYA SEBUAH  PENDIDIKAN 
Pendidikan suatu hal yang tidak dipisahkan dalam kehidupan manusia, disebabkan manusia tentunya membutuhkan dalam hal pengetahuan, dan semua pengetahuan itu sendiri berasal dari pendidikan, dari situ pendidikan dapat merubah karakter yang berkualitas,.
Manusia sendiri makluk social manusia  senang hidup dimasyarakat. Salah satu dari sekian banyak tujuan pendidikan yang disebutkan bahwa mendidik itu bertujuan membimbing anak agar kelak dapat hidup serasi dengan masyarakat tempat hidupnya. jadi yang penting disini adalah membekali kemampuan  dalam pendidikan itu sendiri. Dan tidak dipungkiri salah satu pokok dalam bekal untuk memperoleh proses ialah berusaha dalam membina dan mengajarkan.
Potret Pendidikan Indonesia dari segi tenaga pendidikan 44,5 rata-rata dalam kompetensi guru, dan terdampar diposisi 40 dari 40 negara pada pemetaan The Learning Curve Person. Dan Indonesia berada diposisi 49 dari 50 negara dalam pemetaan mutu pendidikan tinggi, dan minat untuk membaca berbanding 1 : 1000 orang Indonesia (UNESCO 2012)
Ketika Seni ditambah Pendidikan akan menjadi menyenangkan dan tidak bosan Seni disni bukan berupa tarian, tetapi dengan cara kreatif, berfikir deterjen, Imajinatif dan ibarat disamping itu Guru juga bersikap bijak, kreatif dan inovatif dalam pembinaan para pendidik. Dan ketika diibaratkan seni dalam pendidikan guru sebagai seniman sedangkan para pendidik sebagai hasil dari karya seni.

Bagaimana penerapan dalam pendidikan?
            Seorang bersikap mencintai belajar, mengajar, pelajar, karena dengan kepekaan seorang pendidikan terhadap para pendidik sangat berpengaruh besar terhadap hasil perkembangannya. Dan pendidik bersikap Kreatif, inovatif, menyenangkan, dan membumi, teladan, dihormati, dan bersahabat.
1.          Role Playing siswa bermain peran dalam sejenis permainan yang didalam bertujuan meningkatkan unsur senang dalam kelas, dengan itu siswa dapat mengembangkan imajinasi dan penghayatan siswa. Siswa dapat memerankan sebagai tokoh lucu, keren ,  
2.         Brainstorming teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian untuk menyelesaikan permasalan. Jadi seorang siswa menyimpulkan permasahan atau seorang siswa maju kedepan kelas satu persatu, dan hasil jawaban siswa ketika sudah terkumpul kemudian disimpulkan secara sempurna.
3.      Case Study teknik ini sangat memudahkan untuk menyelesaikan permsalahan yang ketika suatu kondisi ada terdapat kasus yang ada. Disini siswa mengidentifikasi permasalahan dan dapat dilakukan secara berkelompok atau perindividu.
   Ice Breaker teknik ini sangat ampuh dalam kegerahan siswa dalam menyimpan. memori ketika pendidik menyampaikan kepada siswa. Siswa memiliki titik jenuh dalam menerima hal-hal baru atau hal yang sudah pernah didengar.dengan ini siswa dapat diberi permainan ringan agar titik jenuh hilang kemudian siswa belajar kembali. Seperti bermain origami, saling pijat-memijat, senam ringan.

Pendidik sebisa mungkin dapat memahami dalam psikologis anak. Dan itu proses yang sangat luar biasa ketika pendidik mengajar penuh sukacita, dan ikhlas seorang pendidik memiliki tanggung jawab yang besar dan ganjaran yang besar juga. Ketika pendidik juga harus bersabar dalam menghadapi siswa yang mungkin nakal, acuh tak-acuh.
Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad)
Dan beberapa sedikit teknik pembelajaran yang disampaikan diatas semoga menjadi referensi seorang pendidik, atau yang bukan seorang pendidik ketika medidik dalam keluarga dan ditengah masyarakat.
"PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM BENTUK SENI " "PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM BENTUK  SENI " Reviewed by Unknown on 22.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.