Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam



Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam


Peningkatan kepadatan populasi manusia berakibat pula pada peningkatan kebutuhan hidup yang mau tidak mau terjadi eksploitasi pada sumber daya alam. Sumber daya alam yang terdapat dimuka bumi ini jumlahnya terbatas. Jika sumber daya alam digunakan secara terus menerus tanpa ada proses pemulihan maka lama kelamaan sumber daya tersebut akan habis. Kepadatan penduduk yang terus meningkat menimbulkan permasalahan dan kerugian pada manusia maupun makhluk hidup lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, penduduk disuatu wilayah mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk disuatu wilayah tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. kemampuan riil seorang wanita untuk melahirkan yang dicerminkan dalam jumlah bayi yang dilahirkan. Kelahiran menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk. Faktor yang mendukung kelahiran adalah pernikahan dini, persepsi orang tua tentang banyak anak banyak rezeki dan tingkat kesehatan tinggi. Faktor-faktor yang mendorong tingginya angka kematian yaitu: terjadinya bencana alam, wabah penyakit yang menyerang suatu wilayah tertentu, tingkat kesehatan rendah, terjadinya peperangan.

Peningkatan kepadatan populasi manusia berakibat pula pada peningkatan kebutuhan hidup yang mau tidak mau terjadi eksploitasi pada sumber daya alam. Sumber daya alam yang terdapat dimuka bumi ini jumlahnya terbatas. Jika sumber daya alam digunakan secara terus menerus tanpa ada proses pemulihan maka lama kelamaan sumber daya tersebut akan habis. Kepadatan penduduk yang terus meningkat menimbulkan permasalahan dan kerugian pada manusia maupun makhluk hidup lainnya.

 1.  Berkurangnya Ketersediaan Bahan Pangan
Manusia memerlukan makanan untuk tetap hidup. Bertambahnya populasi memerlukan jumlah pangan yang cukup banyak. Ketidakseimbangan antara pangan dan manusia menimbulkan masalah kurang gizi atau kurangnya bahan pangan.
2. Berkurangnya Ketersediaan Lahan
Jumlah penduduk yang bertambah memerlukan lahan luas sebagai sarana tempat tinggal, melakukan kegiatan industri, pertanian, dan lain-lain. Semakin besar perbandingan populasi manusia dengan jumlah lahan menyebabkan lahan makin sulit untuk didapatkan.
     3. Berkurangnya Ketersediaan Udara Bersih


Di daerah yang penduduknya padat tentu menyebabkan banyak pencemaran udara. Udara bersih adalah udara yang banyak mengandung oksigen. Udara bersih merupakan kebutuhan mutlak manusia. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan oksigen semakin banyak.
 4. Pencemaran Lingkungan
Aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sering menimbulkan dampak buruk pada lingkungan. Kebutuhan yang terus menerus meningkat akan menganggu penggunaan sumber daya alam sulit dikontrol.
5.  Pendidikan

Pendidikan merupakan usaha untuk mencerdaskan manusia sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya. Rendahnya pendidikan penduduk pada suatu wilayah akan mendorong rusaknya lingkungan hidup.
Perubahan lingkungan yang terjadi karena adanya kepadatan penduduk yang tinggi menyebabkan banyak permasalahan timbul akibat tidak seimbangnya lingkungan dan kelestarian alam. Maka dari itu kita perlu memerhatikan cara mengelola lingkungan dan melestarikan alam dengan banyaknya populasi manusia, jika saling bekerja sama untuk tetap mengimbangi kebutuhan pokok manusia dengan lingkungan maupun alam, perlahan permasalahan yang timbul dapat diminimalisasi dan kepadatan penduduk tidak hanya memengaruhi lingkungan dalam sisi negatif namun dalam sisi positif juga.
Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Keseimbangan Lingkungan dan Kelestarian Alam Reviewed by Unknown on 09.35 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.