PERAN PEMUDA DALAM MENJALANKAN KESIMBANGAN LINGKUNGAN DAN KELESTARIAN ALAM







Hasil gambar untuk bkkbn


PERAN PEMUDA DALAM MENJALANKAN KESIMBANGAN LINGKUNGAN DAN KELESTARIAN ALAM
Pemuda sering terdengar dalam benak kita adalah seorang sosok yang masih minim pengalaman dan haus akan rasa ingin tahu. Pengertian pemuda itu sendiri orang muda laki-laki maupun perempuan remaja yang memasuki jenjang kedewasaan  ini kelak akan menjadi pemimpin bangsa (Sumber: Kamus besar bahasa Indonesia) pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga.Sebagai generasi muda yang akan memegang kendali kehidupan dalam bermasyarakat di masa yang akan datang, maka sudah sepantasnya bagi para generasi muda baik laki-laki dan perempuan menjadi generasi yang bijak dalam berbagai aspek kehidupan, begitu juga halnya dalam masalah kelestarian lingkungan, mestinya sebagai generasi penerus bangsa sangat wajib untuk bersifat bijak dalam andil mempertahankan kelestarian lingkungan.



"Sudah saatnya lebih banyak pemuda Indonesia mengambil peran lebih penting, turun tangan memperbaiki keadaan, bukan hanya sekedar sibuk dengan diri sendiri dan mengatakan bahwa tugas perbaikan hanya dimiliki oleh pemerintah"
Sudah saatnya pemuda yang membangun negeri yang lebih baik dan siap untuk dihuni. Jangan jadi diri kita tidak bermanfaat tapi berikan solusi bukan untuk mencela tapi rubahlah dengan tanganmu. Reposisi gerakan pemuda sebagai gerakan peduli lingkungan, akan terus menempatkan pemuda pada posisi pelatuk sekaligus pengawal perubahan, semangat seperti ini seharusnya terus terjaga dalam setiap gerakan kepemudaan indefendensi sebagai pilihan.
Beberapa faktor dilingkungan

Ledakan penduduk dengan bertambahnya Kepadatan terhadap Keseimbangan Lingkungan

1.      Lingkungan Tercemar untuk Memenuhi Kebutuhan Manusia



kita tentu memiliki banyak sekali kebutuhan. Dari pangan, papan, sandang, dll. Tapi apakah pernah kita pikirkan apa yang terjadi pada lingkungan jika penduduk semakin banyak? Penduduk yang semakin bertambah, tentu saja kebutuhannya semakin bertambah, contoh bahan meubel tentunya bahan yang digunakan dari pohon pilihan dan pohon yang digunakan sangatlah terbatas untuk digunakan, memiliki kriteria dalam pembuatan bahan meubel, dan tidak hanya meubel saja tapi dibuat untuk kerajinan tangan, asesoris.dan juga bertambahnya pula penduduk akan bertambah akan kebutuhan di lingkungan dan ini sangat-sangat diperhatikan karena Indonesia memiliki sangat banyak penduduk disitu suatu kebutuhan peran sangat banyak dan juga dalam diri kita.

2. Udara tercemar



Di daerah padat penduduk seperti di perkotaan, jumlah kendaraan bermotor meningkat. Gas sisa pembakaran kendaraan bermotor menyebabkan pencemaran udara. Pencemaran udara banyak mengakibatkan gangguan kesehatan. Manusia dan makhluk hidup memerlukan udara sehat, yaitu udara yang tidak mengandung unsur pencemar, misalnya gas karbon monoksida dan karbon dioksida yang jumlahnya melebihi normal. Udara bersih merupakan kebutuhan mutlak bagi kelangsungan hidup manusia. Udara bersih banyak mengandung oksigen. Semakin banyak jumlah penduduk berarti semakin banyak oksigen yang diperlukan. Jadi dapat dipahami bahwa semakin tinggi kepadatan penduduk, maka kebutuhan oksigen semakin banyak. Oleh karena itu pemerintah kota di setiap wilayah gencar mengkampanyekan penanaman pepohonan. Selain sebagai penyejuk dan keindahan, pepohonan berfungsi sebagai hutan kota untuk menurunkan tingkat pencemaran udara.

 3. Banjir
 
Sebab
1. Penyumbatan aliran sungai ataupun sekolah sering membuang sampah di sungai

Masyarakat beranggapan dengan tingkah lakunya karena jika sampah dibakar, maka akan menyebabkan polusi udara dan bau tidak sedap. Sehingga masyarakat mengambil jalan pintas tanpa memikirkan sebab dan akibatnya. Penyumbayatan yang terjadi karena sedimentasi atau pengendapan area hilir sungai yang dapat mengurang kemampuan sungai dalam menampung air.
2. Penggundulan hutan 
Sikap manusia yang berfikir singkat tanpa berfikir kedepannya sebelum bertindak, menyebabkan manusia bertindak sewenang-wenang terhadap lingkungan. Tindakan tersebut berupa penebangan hutan yang tidak menggunakan sistem tebang pilih. Akibatnya tidak ada pohon untuk menyerap air sehingga air mengalir tanpa terkendali.
3. Sedikitnya daerah serap 
Di zaman modern, daerah resapan cenderung ditemukan. Khususnya di daerah perkotaan yang pada dasarnya sangat rentan terhadap banjir, mengingat kondisi kota yang berada di dataran rendah. Daerah serap justru banyak tertutup dengan aspal ataupun pembetonan sehingga air tidak dapat meresap ke dalam lapisan tanah. 

Akibat
1. Banjir dapat menyebabkan erosi dan tanah longsor, semakin deras hujan turun maka semakin tinggi air banjir yang menyebabkan tanah dan jalana terkikis dan dpaat menjadi longsor
2. Banjir menghentikan aktivitas sehari-hari, seperti kegiatan bekerja dan sekolah. Bencana banjir membuat semua orang kehilangan kegiatan karena banyak sekolah yang terkena banjir dan jalur transportasi lumpuh yang menyebabkan banyak orang tidak dapat berangkat kekantor.
3. Banjir dapat melumpuhkan jalan transportasi. Bila bencana banjir datang banyak jalan yang lumpuh dan tidak bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Karena genangan air yang cukup tinggi sehingga kendaraan tidak mampun untuk melewati daerah tersebut dan menyebabkan jalanan tersebut lumpuh dan macet total
4.  Banjir dapat merusak sarana dan prasarana, karena banjir dapat merusak banhkan menghancurkan rumah, gedung, mobil atau kendaraan umum
  
     Solusi yang diambil

  Memperluas kesempatan kerja, meningkatkan fasilias pendidikan kesehatan, transportasi, komunikasi, dan perumahan.

Kesempatan kerja umumnya hanya terdapat di perkotaan. Sedangkan di perdesaan, mayoritas penduduk perdesaan bekerja sebagai petani, nelayan, pedagang, dan perkebunan. Pekerjaan-pekerjaan di desa tidak menghasilkan gaji yang banyak. Oleh karena itu, penduduk desa banyak yang melakukan Urbanisasi. Semakin banyak penduduk desa yang pindah ke kota, akan terjadi ledakan penduduk. Pemerintah harus menyediakan kesempatan bekerja di perdesaan juga. Agar masyarakat desa tidak perlu pindah ke kota,
2. 
  Meratakan penyebaran penduduk dengan mengadakan transmigrasi dan melaksanakan pembangunan desa untuk membendung arus urbanisasi dan terkonsentrasi penduduk disuatu daerah.

Transmigrasi adalah suatu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang pada menuju kedaerah yang jarang penduduknya didalam wilayah Indonesia. Dengan melakukan transmigrasi, otomatis akan mengurangi kepadatan  penduduk di perkotaan besar.



Tingkat Pendidikan Yang Rendah diatasi



a.Penyediaan fasilitas pendidikan yang lebih lengkap dan merata di semua daerah di Indonesia.
b.Penciptaan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja c.Peningkatan kualitas tenaga pengajar (guru dan dosen) di lembaga pendidikan milik pemerintah.
d.Penyediaan program pelatihan bagi para pengajar dan pencari kerja. 
e.Mempelopori riset dan penemuan baru dalam bidang IPTEK di lembaga- lembaga pemerintah.
  
     Beberapa poin yang  sampaikan dari bertambahnya penduduk dalam kesimbangan lingkungan dan kelestarian alam.

PERAN PEMUDA DALAM MENJALANKAN KESIMBANGAN LINGKUNGAN DAN KELESTARIAN ALAM PERAN PEMUDA DALAM MENJALANKAN KESIMBANGAN LINGKUNGAN DAN KELESTARIAN ALAM Reviewed by Unknown on 05.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.